Collision dan Bottleneck

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan membahas tentang Collision dan bottleneck.

1. Collision (Tabrakan Data).

Collision didefinisikan sebagai sekumpulan perangkat jaringan dimana data frame mereka bertabrakan. Semua piranti yang disebut diatas menggunakan hub yang beresiko collision antar frame yang dikirim. Collision adalah segmen jaringan fisik dimana data paket saling bertabrakan dengan satu sama lain ketika dikirim pada suatu media yang sama.

Salah satu solusi menghilangkan collision adalah mengganti HUB dengan switch LAN. Switch tidak menggunakan Bus secara bersama sama seperti HUB, akan tetapi memperlakukan setiap port tunggal sebagai sebuah Bus terpisah.

Switch menggunakan buffer memory untuk menahan frame yang datang, sehingga jika ada dua piranti yang mengirim frame pada saat yang bersamaan, switch akan melewatkan satu frame sementara frame yang satunya lagi ditahan didalam memory buffer menunggu giliran frame pertama selesai dilewatkan.

2. Bottleneck.

Bottleneck merupakan peristiwa macetnya proses aliran data (transmisi data). Biasanya, disebabkan perbedaan antara kecepatan kerja suatu komponen dengan kecepatan Busnya. Bottleneck bisa juga terjadi karena output tidak dapat mengimbangi kinerja perangkat pemprosesan sehingga memperlambat kerja system secara keseluruhan.

Bottleneck juga dapat terjadi jika action di drop maka kemungkina connection state nya akan terus menempel di mikrotik, dan jika tidak kuat mikrotik akan menjadi flooding. Flooding adalah suatu keadaan dimana router kita dibanjiri oleh akses yang terus menerus sehingga terjadi bottleneck, dan router mikrotik akan menjadi hang.

Comments

Popular Posts